Bahkan Google pun Aware dengan Bangsa ini

Happy fasting everyone! 🙂

Sudahkah kalian membuka google.com hari ini? Kalau belum, coba buka! Karena hari ini ada google doodle edisi Hari Anak Nasional 2013.

google peringati Hari Anak Nasional 2013 :-)

google peringati Hari Anak Nasional 2013 🙂

Tidak, saya tidak akan mengupas secara mendalam apa itu Hari Anak Nasional dalam tulisan ini. Sebab saya yakin banyak site yang lebih kompeten untuk menjelaskannya. Yang akan sedikit saya bahas adalah salah satu sisi lain dari itu.

Google pun aware dengan bangsa ini

Yap itu tagline-nya. Seperti yang kalian tahu, Google Doodle hanya muncul pada momen-momen tertentu, yang kebanyakan adalah momen penting dunia. Momen-momen seperti peringatan ulang tahun tokoh memorable dunia, peringatan hari kemerdekaan negara-negara dan tanggal-tanggal penting dunia. Atau singkatnya, pada setiap edisi Google Doodle, ia membawa misi mengabarkan ‘sesuatu’ kepada dunia.

Berbicara tentang kiprah keterlibatan negara kita di Google Doodle, tidak terlalu memuaskan. Negara kita dengan segala yang momen yang ada tidak cukup sering menjadi tampilan Google Doodle. Sepengetahuan saya , track-record kita hanyalah momen 17-an, Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

google doodle edisi HUT RI ke-67

google doodle edisi HUT RI ke-67

Tetapi hari ini, secara mengejutkan ada sebuah momen dari negara kita yang dijadikan tampilan Google Doodle. Hari Anak Nasional 2013. Tadi, pertama kali saya tahu tentang hal ini, saya kemudian termenung sesaat.

Mengapa Hari Anak Nasional? Karena sudah saatnya bangsa yang besar ini lebih aware dengan anak-anaknya, generasi kunci penerus peradaban bangsa. Google seolah mengingatkan bangsa ini akan pentingnya membina anak-anaknya.

Namun, lihatlah sekeliling, adalah mudah menemukan begitu banyak kemirisan dalam dunia anak-anak di negeri ini. Begitu banyak anak-anak di negeri ini yang tidak terpenuhi haknya atas berbagai hal yang seharusnya ia dapatkan. Pendidikan, banyak sekali anak-anak kita yang putus sekolah karena alasan klasik yang bernama ekonomi. Kasih sayang, banyak anak-anak kita yang ditelantarkan orangtunya sendiri, berita dibuangnya bayi di tong sampah pun sering kita temui. Sebaliknya, mereka seringkali justru sudah memikul kewajiban yang belum saatnya dipikul. Banyak anak-anak kita yang sudah bekerja (apa saja) untuk membantu orang tuanya mencari nafkah. Belum lagi soal perdagangan anak-anak. Belum lagi soal…Ah, mencacahnya lebih jauh hanya semakin membuat sesak. 😦

pemandangan yang sangat biasa, bukan?

pemandangan yang sangat biasa, bukan?

piramida penduduk Indonesia 2012 (bps.go.id)

piramida penduduk Indonesia 2012 (bps.go.id)

Lalu, tahukah kalian? Angka pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi (1,49%) membuat piramida penduduk yang dimiliki oleh Indonesia berbentuk seperti limas. Lebar di bawah dan mengerucut ke atas. Artinya jelas, populasi negara kita didominasi oleh penduduk usia muda alias anak-anak. Ini berarti 15-25 tahun mendatang, penduduk usia produktif akan jauh lebih besar jumlahnya daripada penduduk usia non-produktif. Kita seharusnya benar-benar ngeh dengan fakta ini. Kita seharusnya mempersiapkan betul anak-anak kita, bukan menelantarkannya. Seharusnya kita bekali mereka dengan akhlak, ilmu pengetahuan dan nilai-nilai luhur. Sehingga mereka dapat menjadi tulang punggung Indonesia kelak. Generasi yang akhirnya dapat menyongsong kemajuan bangsa ini secara integral.

 
Semoga dengan merenungi makna dibalik Google Doodle hari ini, kita semua sadar dan terinspirasi untuk turut membenahi hidup dan kehidupan anak-anak bangsa ini…

 

Iklan

About pararawendy

Once A Dreamer, Always Be The One Lihat semua pos milik pararawendy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: