Pesta Sains Nasional 2013 — Matematika Ria

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya weekend terakhir, saya disibukkan dengan salah satu agenda kepanitiaan terbesar yang ada di fakultas. “Pesta Sains Nasional 2013”, begitu judul kegiatannya.

spanduk acara

spanduk acara

Pesta Sains Nasional (PSN) adalah serangkaian acara yang yang merupakan program kerja (proker) dari Departemen Sainstek (Sains dan Teknologi) BEM FMIPA IPB. Saya sebut “serangkaian”, karena memang PSN terdiri atas beberapa sub-acara. Gampangnya, acara di PSN dapat dibagi menjadi dua: kompetisi nasional tingkat SMA dan seminar. Kompetisi apa? Banyak. Jadwal kegiatannya bagaimana? Duh, buka sendiri deh pestasains.ipb.ac.id. πŸ˜€

Sudah dibuka? πŸ˜› Oya, kepanitiaan PSN itu tergolong unik lho. PSN memiliki dua tingkat kepanitiaan, sub dan pusat. Kepanitiaan sub bertugas sebagai kreator lomba yang bersesuaian dengan setiap departemen yang ada di lingkungan FMIPA IPB. Karena FMIPA IPB punya 8 departemen, jadilah jumlah kepanitiaan sub juga ada 8 (tentu mulai terbayang besarnya acara, kan?). Sedangkan kepanitiaan pusat itu tugasnya mengkoordinir panitia-panitia sub, meng-create seminar dan hal-hal yang berbau makro (ekonomi?) lainnya dari acara.

suasana GWW kamis malam

suasana GWW kamis malam

panitia sibuk menyiapkan goodie bag

panitia sibuk menyiapkan goodie bag

sponsor utama PSN 2013

sponsor utama PSN 2013

bejibunnya goodie bag -__-

bejibunnya goodie bag -__-

Oke, saya sendiri berada di kepanitiaan sub, yakni Matematika Ria (MR).

***

Acara di sub Matematika Ria berlangsung selama dua hari. Jumat dan Sabtu. Jumat adalah babak penyisihan, Sabtu untuk babak semifinal dan final yang dipadu dengan beberapa acara hiburan.

latihan perkusi malam sabtu

latihan perkusi malam sabtu

dekorasi panggung MR 2013

dekorasi panggung MR 2013

kostum blink blink anak perkusi :D

kostum blink blink anak perkusi πŸ˜€

kadiv saya (kanan) lagi santap siang  :D

kadiv saya (tertunduk) lagi santap siang πŸ˜€

Seperti tahun-tahun sebelumnya, MR tahun ini juga mencatatkan diri sebagai cabang lomba dengan jumlah peserta paling banyak. Dua ratus lima puluh sembilan yang terdaftar di MR 2013. Saya yang kebetulan anggota divisi Tim Khusus (timsus) adalah yang paling merasakan dampak dari banyaknya jumlah peserta ini. Semakin banyak jumlah peserta, artinya semakin banyak jumlah jawaban yang harus dikoreksi. -___-

Oiya, bagi yang belum tahu jobdesk-nya divisi timsus, timsus itu tugasnya membuat soal (untuk babak penyisihan dan semifinal), menghubungi dosen (untuk minta dibuatkan soal babak final dan menjadi juri di final), dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kompetisi secara langsung, salah satunya ya tadi, “mengoreksi jawaban”. πŸ˜€

Mengenai jalannya kompetisi, babak penyisihan yang dilaksanakan di GWW bada Shalat Jumat berjalan relatif lancar. Saya bersama anggota timsus lainnya bertugas menjadi pengawas. Bagikan soal, jalan sana, jalan sini, tengok sana, tengok sini, mengambil kembali soal beserta jawaban. Beres. πŸ˜€ Satu hal yang memorable di babak penyisihan adalah, kami (timsus MR) sibuk mencari wajah-wajah yang bau-baunya jagoan (?). Ya, saya bersama teman-teman timsus ‘heboh’ setiap kali mendapati peserta yang seolah dengan mudahnya mengerjakan soal-soal yang kami buat dengan susah payah. -___-

amplop soal penyisihan

amplop soal penyisihan

count-down timer raksasa pas penyisihan

count-down timer raksasa pas penyisihan

 

Selesainya waktu peserta untuk mengerjakan soal di babak penyisihan menjadi babak baru bagi saya dan teman-teman timsus. Kami harus mengoreksi semua jawaban peserta yang jumlahnya bejibun itu. Belum lagi setelah selesai mengoreksi, nilai harus di-input untuk dikirimkan ke panitia pusat malam itu juga. -____- Untunglah, urusan konsumsi timsus lancar jaya. Kami disediakan makan berat dan seabrek makanan ringan. Ngoreksi jawaban jadi semangat deh (dasar). Thanks divisi konsumsi! πŸ™‚

lagi sibuk ngoreksi jawaban penyisihan

lagi sibuk ngoreksi jawaban penyisihan

itu saya paling kanan :D

itu saya paling kanan πŸ˜€

segenapnya untuk timsus :D

segenapnya untuk timsus πŸ˜€

roti kejuuuu :D

roti kejuuuu πŸ˜€

 

Besoknya, babak semifinal dimulai. Dua puluh peserta dengan nilai tertinggi dari babak penyisihan mengerjakan 7 soal essay selama 90 menit. Timsus kembali menjadi pengawas dan pengoreksi. Tapi tak terlalu berat lah, kan cuma 20 (sotoy). Setelah 20 jawaban semifinalis dikoreksi, kami dapatkan lima peserta dengan nilai tertinggi yang berhak maju ke babak final. Sedikit ironinya, dari lima finalis hanya satu yang berasal dari sekolah pemerintah (a.k.a negeri). Tapi, semoga fakta ini tidak bisa digeneralisir untuk menyimpulkan kualitas pendidikan sekolah pemerintah versus swasta deh ya. πŸ™‚

peserta hanyut dalam soal-soal final :D

peserta hanyut dalam soal-soal final πŸ˜€ by the way, kevin yang paling deket dengan kamera

Singkat kisah, babak final pun berakhir. Yang menjadi juara satu adalah Kevin Christian dari SMA Ipeka Puri Indah. Obvious doi yang menang, lha wong doi ternyata eh ternyata adalah bronze medalist IMO tahun ini. Pantas saja semua soal MR bagi doi kayak “piece of cake” doang. -___- Juara duanya Jehian Norman Saviero dari SMAN 77 Jakarta. Prok prok prok (tu kan gak kalah sekolah negeri juga). Juara tiga adalah Priscilla Claudia Tamara dari SMA Ipeka Puri Indah. Doi juga jagoan, silver medalist ajang internasional juga. -__-

***

Anyway, saya dan teman-teman timsus MR jujur agak terkejut karena pasukan SMAK Penabur tidak ada yang masuk babak final tahun ini. Padahal tradisi di tahun-tahun sebelumnya mereka selalu mendominasi podium. Usut punya usut, ternyata mereka sedang ada semacam pembekalan untuk ajang internasional. Jadi gak bisa ikutan MR tahun ini. Oaalaah pantes. πŸ˜€

Iklan

About pararawendy

Once A Dreamer, Always Be The One Lihat semua pos milik pararawendy

2 responses to “Pesta Sains Nasional 2013 — Matematika Ria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: