(Another) Hikmah Asap Riau: Presiden Gak Boleh Cuti!

asap riau

(Republika.co.id, Pekanbaru) . . . Presiden mengatakan, ia tahu bahwa hari ini telah dimulai masa kampanye pemilihan umum legislatif. Sehingga terbuka peluang sejumlah pejabat daerah telah mengajukan cuti untuk melakukan kampanye.

“Sebenarnya dalam kapasitas saya yang lain dijadwalkan untuk juga berkampanye di sebuah provinsi, tapi saya tinggal semua itu karena saya harus bersama-sama saudara mengatasi masalah ini (bencana asap),” katanya.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Sukawi Sutarip mengatakan bahwa Presiden Yudhoyono pada Minggu batal menjadi juru kampanye Partai Demokrat di Magelang, Jawa Tengah, karena memimpin operasi militer tanggap darurat bencana kabut asap di Riau sejak Sabtu (15/3) dijadwalkan hingga Senin (17/3). . .

***

Membaca artikel tersebut, saya merasa sedikit lega. Sebab, entah mengapa saya tidak sreg saja mendengar bahwa presiden, pemimpin tertinggi negara ini, mengajukan cuti (what the!) untuk sekadar menjadi jurkam (juru kampanye, red) di beberapa kota. Seakan, jabatan ‘presiden’ sama saja seperti pegawai sipil biasa macam PNS  pemerintah daerah atau perawat puskesmas. Presiden tentu soal yang sangat berbeda, presiden adalah pemimpin sebuah negara. Kinerjanya (bukan sekadar keberadaannya) mutlak dibutuhkan negara ini setiap waktu. Lebih-lebih, alasannya yang rak mbois blass (bahasa jawa: tidak elegan sama sekali, red): menjadi juru kampanye untuk partainya.

 

Memang semua orang, tak terkecuali saya, setuju bahwa kabut asap yang terjadi di Riau adalah musibah, bencana nasional yang buruk bagi bangsa ini. Namun, agaknya terbesit hikmah dibalik musibah ini. Asap Riau seperti menjadi lampu merah bagi presiden kita untuk merealisasikan cutinya. Bukankah memang sudah seharusnya, presiden mengutamakan penanganan bencana nasional daripada menjadi pengobral visi-misi partainya? 🙂

 

 

Iklan

About pararawendy

Once A Dreamer, Always Be The One Lihat semua pos milik pararawendy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: