Prosa Tanpa Nama

Kau,
Kau yang duduk takjim di depan meja kerjamu. Kuamati, sekali dua telunjuk kananmu kau angkat ke pelipis, membenarkan letak kacamata. Frame lengkung lumayan tebal dengan lensa berbentuk oval. Ku tebak mata lebarmu minus dua.

Kau,
Kau yang lebih banyak diam. Kucatat, kau lebih suka mengangguk perlahan sambil mengamati sumber suara dengan seksama. Bukan, bukan karena kau tak paham. Aku tau persis –setelahnya– kau sangat cakap dalam banyak hal. Hanya saja sepertinya kau tau betul kapan harus menyuarakan uneg-unegmu dan kapan harus membiarkannya tersimpan rapi dalam benakmu saja.

Kau,
Kau yang selalu menawarkan bantuan dengan tulus. Perduli apa bertumpuk file kerja yang selalu mengantri memintamu untuk kau selesaikan? Nyatanya kau selalu tersedia disana, tempat dimana aku dan semua orang butuh bantuan. Tanpa sedikitpun menggerutu, walaupun kadang kau harus mengulang jawaban satu pertanyaan yang sama berkali-kali. Tulus.

Kau,
Kau yang pertama memujiku tanpa sanepan-sanepan tersirat seperti kebanyakan orang. Pujian yang membuatku mengerti bahwa apresiasi berdampak signifikan pada performa siapapun, pada posisi apapun. Aku sungguh mengingat dengan jelas, detik demi detik percakapan kita hingga kau mengeluarkan pujian itu, lengkap dengan nada suaramu yang sarat dengan ketulusan.

Kau,
Kau yang mengajarkanku bahwa setiap orang memiliki ujiannya masing-masing, dan orang lain tak wajib tau atas ujian kita –lantas menuntut mereka empati.

Kau yang mengajarkanku bahwa ujian hidup bukan menjadi alasan tuk tak menampilkan sisi hati terlembut kita pada semua orang.

Kau yang mengajarku bahwa sebagai hamba, kita sama sekali tak pantas untuk protes (terlalu) keras atas skenario-Nya.

Terima kasih.

***

“Terengah-engah ku berlari, dari rasa yang harus ku batasi…”

Iklan

About pararawendy

Once A Dreamer, Always Be The One Lihat semua pos milik pararawendy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: